Bersama SMK Negeri 5 Yogyakarta PPKS Kencana DIY Mengenalkan Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental

Kegiatan ‘PPKS Kencana DIY Menyapa’ kali ini menghadirkan perwakilan siswa dan guru SMK Negeri 5 Yogyakarta ke ruang PPKS Kencana DIY (Jl Kenari 58). Dalam kegiatan ini disampaikan pentingnya menjaga kesehatan mental dan sharing terkait permasalahan yang dialami siswa. Siswa diberi kesempatan untuk berdialog dengan pemateri terkait kesehatan mental. Siswa juga dikenalkan 8 layanan yang dapat dimanfaatkan di PPKS Kencana DIY.

Dr. Mustikaningtyas, S.Psi., MPH dalam materinya menjelaskan bahwa kesehatan mental adalah keadaan dimana individu sehat dan sejahtera, sadar akan potensi diri, mampu menghadapi stress, produktif dan berkontribusi terhadap kelompok. Apabila remaja mengalami depresi dengan ciri-ciri yang ada, remaja disarankan untuk segera minta bantuan tenaga konselor/psikolog/Guru BK di sekolah. Ciri depresi yang disampaikan diantaranya.
1. Sedih berkepanjangan
2. Kehilangan minat melakukan kegiatan sehari-hari
3. Penurunan berat badan atau kehilangan nafsu makan
4. Penurunan aktivitas fisik
5. Keletihan yang berkepanjangan sekalipun sudah beristirahat
6. Merasa tidak berharga
7. Kehilangan konsentrasi
8. Memiliki pemikiran untuk bunuh diri atau berkeinginan bunuh diri

Melalui kegiatan ini diharapkan layanan PPKS Kencana DIY semakin dikenal masyarakat luas dan remaja semakin sadar tentang pentingnya menjaga kesehatan mental. PPKS Kencana DIY terbuka bagi remaja/siswa yang ingin berkunjung atau mendapatkan materi serupa, hal hal terkait acara dapat ditanyakan ke Hotline 0882 3154 3154

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *