PENYAKIT MENULAR SEKSUAL

Penulis: Mohammad Arif Mustofa

Penyakit menular seksual (PMS) merupakan penyakit infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyakit menular seksual ini akan sangat beresiko bila hubungan seksual dilakukan dengan berganti-ganti pasangan baik melalui vagina, oral, maupun anal. Lalu apa saja jenis penyakit menular seksual ini ?? mari kitaa bahas..

  1. Gonore/ Gonorrhoeaa (GO)

Penyakit menurlar ini disebabkan oleh kuman yang disebut Neissera Gonorrhoeae. Kuman ini menimbulkan gejala penyakit seperti nyeri , merah, bengkakk dan bernanah pada bagian kemaluan, namun gejala yang dirasakan berbeda antara pria dengan Wanita, pria memiliki gejala antara lain adalah rasa sakit pada saat kencing, keluarnya nanah kental pada saat kenicng, keluarnya nanah kental berwarna kuning kehijauan, serta ujung penis tampak merah dan agak bengkak.

Sedangkan pada Wanita 60%  kasus tidak memberikan gejala, kalupun ada biasanya seperti terdapat keputihan (cairan vagina) kental berwarna kekuning-kuningan kemudian ada rasa nyeri di daerah rongga pinggul. Gonore juga dapat ditemukan pada area dubur namun agak jarang, dan juga di tenggorokan dengan tandanya adalah nyeri pada tenggorokan ketika menelan makanan.

Gonore dapat diturunkan dari orang tua kepada bayinya. Tandayna adalah dengan ditemukan radang dan cairan nanah kental pada selaput mata bayi atau pada bayi Perempuan ditemukan pada vaginanya.

  • Sifilis / Raja singa

Penyakit ini disebabkan oleh kuman Trerponema Pallidum, masa inkubasi atau masa tunasnya 3 bulan sesudah kuman masuk kedalam tubuh melalui hubungan seksual. Lalu timbul benjolan disekitar alat kelamin. Kadang-kadang disertai pusing dan nyeri tulang seperti flu yang tanpa diobati hilang sendiri. Ada bercak kemerahan pada tubuh sekitar6-12 minggu. Setelah itu bebrapa tahun dapat berlalu tanpa gejala. Seringkali penderita tidak memperhatikan hal ini karena gejala akan hilang dengan sendirinya. Tetapi setelah lima sampai sepuluh tahun penyakit sifilis menyerang susunan syaraf otak sehingga cara berjalan penderita tampak aneh. Sifilis juga dapat menyerang pembuluh darah dan jantung.

  • Herpes Genitalis

Penyakit Herpes Genitalis disebabkan oleh virus Herpes Simplex dengan masa inkubasi selama 4-7 hari setelah masuk kedalam tubuh melalui hubungan seks. Gejala yang ditiimbulkan virus ini antara lain kulit sekitar kelamin akan terasa gatal dan sakit yang disusul dengan timbul kemerahan serta buktil-bintil berair (berkelopmok seperti anggur) yang sangat nyeri pada kemaluan. Gejala ini sering kambuh, biasanya pada saat penderita mengalami stress , haid, makan atau minum minuman beralkohol dan hubungan seks yang berlebihan.

Penyakit ini belum ada obatnya hanya ada obat anti virus yang fungsinya hanya dapat mengurangi rasa sakit dan lamanya episode penyakit. Penyakit inidapat menular pada nayi waktu lahir apbila bintil-intil ini masih akti, dapat juga menimblkan infeksi berat atau sistemik pada ayi yang berakibat kematian tau pada janin menyebabkan abortus, penyakit ini juga dapat mempermudah penyebaran virus HIV.

  • Trikomoniasis Vaginalis

Penyakit ini disebabkan oleh virus Protozoid Trikomonas Vaginalis, umunya ditularkan melalui hubungan seksual, gejala atau tanda-tanda penyakit ini antara lain berupa

  1. Cairan vagina (keputihan) encer,, berwarna kuning kehijauan , berbusa dan berbau busuk.
  2. Vulva agak bengkak, kemerahan, gatal, berbusa, dan terasa tidak nyaman.

Komplikasi yang dapat terjad akiat trikomonasis vaginalis antaralain

  1.  Julit sekitar vulva lecet
  2. Pada kehamilan mungkin berhubungan dengan kelahiran bayi premature
  3. Memudahkan penularan virus HIV
  4. Chancroid

Chancroid disebabkan oleh bakteri Haemophilus Ducreyi, yang ditularkan melalui hubungan seksual, gejala atu tanda-tandanya adalah, luka lebih dari satu yang sangat nyeri tanpa radang jelas, benjolan di lipatan paha yang sangat sakit dan mudah pecah.

Lalu komplikasi yang mungkin terjadi adalah luka infeksi mengakibatkan jaringan disekitarnya mati, luka memudahkan penularan infeksi HIV jika terpapar.

  • Klamidia (Clamydia)

Kuman yang menyebabkan penyakit ini adalah Chiamydia Trachomatis. Masa tanpa gejala lagsung sekitar 7-21 hari yang kemudian timbul peradangan pada alt reproduksi pria dan Wanita. Tidak jarang pula gejala penyakit tidak muncucl sama sekali padahal proses infeksi penyakit sebenarnya sedang berlangsung, sehingga penderita tidak sadar sedang membawa jenis penyakit menular seksual ini dan menularkan pasangan seksnya.

Tanda gejala pada pria adalah merasakan nyeri pada saat buang air kecil dan keluar cairan being dari saluarn kencing,, bila ada infeksi lebih lajut cairan semakin sering keluar dan bercampur darah. Lalu untuk Wanita gejala yang dirasaka berupa pngeluaran lender dari vagina, rasa sakit ata nyeri pada saat buang air kecil, timbul bercak-bercak darah (spotting) setelah berhubungan seks dan rasa nyeri pada perut bagian bawah. Sehingga dampak yang akan dialami oleh orang pria yang memiliki penyakit klamidia ini adalah radang saluran kencing, rusaknya saluran sperma dan mengakibatkan mandulan, dan mudah tertular infeksi HIV. Lalu untuk seorang Wanita yang memiliki penyakkit ini akan merasakan peradangan pada ronga paggul akibat cacatnya saluran telur dan kemandulan, radang saluran kencing, robeknya saluran ketuban sehinga terjadi kelahiran bayi sebelum waktunya (premature), dan mudah tertular HIV. Pada bayi yang tertular penyakit ini 60-70% terkena penyakit mata atau saluran pernapasan (Pneunomia).

  • Kondolima Akuminata/Genital Warts (HPV)

Penyebab kondiloma adalah Virus  Human Papiloma (HPV). Gejala yangkhas adalah terdapat satu atau beberapa kutildisekitar daerah kemaluan. Komplikasi yang mmungkin timbul/terjadi adalah kutil (lesi) yang dapat membesar atau tumuh bersama dan kemudian kanker mulut rahim. Pengobatan pada penyakit ini hanya sampai tahap menghilangkan kutilnya saja, tapi tidak mematikan virus penyebabnya. Itulah beberapa jenis penyakit menular seksual (PMS) teman-teman, mengerikan yaa, jadi kita harus lebih berhati-hati dalam melakukan hubungan seksual yang perhatikan kebersihan dan juga gunakan alat kontrasepsi untuk mencegah penularan penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *